Asal Usul Ramen

Asal Usul Ramen

Ramen merupakan salah satu makan yang populer dikalangan masyarakant dan dikenal sebagai makan mie berkuah khas Jepang. Meskipun identik dengan kuliner Jepang namun sebenarnya ramen merupakan makanan yang berasal dari China. Orang Jepang sendiri sering menyebut ramen dengan istilah chuka soba atau mie Tiongkok. Istilah ramen sendiri diambil dari bahasa China (La Mien yang berarti mie), yang kemudian disesuaikan dengan lidah pengucapan Jepang menjadi Ramen.


Ramen di Jepang dikenalkan oleh seorang ilmuan Konghucu yang diperuntukan untuk Tokugawa Mitsukuni (seorang damiyo yang memiliki pengaruh dibidang politik pada zaman edo) sebagai signature dish saat diundang ke dalam sebuah jamuan keluarga bangsawan. Sejak saat itu ramen mulai menyebar terutama dikawasan pemukiman keturunan Tionghoa.

Pada masa itu ramen menyebar melalui warung makan yang dikelola oleh imigran asal Tiongkok, selain itu ada juga yang berjualan keliling menggunakan gerobak dorong. Pada pertengahan tahun 1900an para pedagang kakilima ini sudah berjualan keliling memakai grobak sambil meniup terompet charamela, karena itu penjual ramen keliling dalam bahasa Jepang sering disebut dengan charamela. Dalam perkembangannya pedagang keliling sekarang sudah menggunakan pemutar rekaman sebagai pengganti charamela dan menggantikan gerobak dengan mobil sebagai kedai berjalan.

Ramen berkembang pesat di Jepang, dan tiap kota di Jepang biasanya memiliki ramen lokal yang menjadi ciri khas daerah tersebut sebagai daya tarik pariwisata. Kehadiran ramen lokal ini berawal pada tahun 1980an yang bertujuan untuk membangkitkan perekonomian daerah dengan mempromosikan keunikan daerah masing-masing, salah satunya melalui ramen lokal. Kehadiran ramen lokal ini memiliki nilai komersil yang tinggi, karena itu biro perjalanan di Jepang juga menawarkan paket wisata kuliner untuk menikmati ramen-ramen terkenal dari berbagai daerah.


Tertarik dengan Ramen, pelajari lebih lanjut mengenai ramen dan peluang usahanya.
http://www.hotcaketm.com/
Mumpung lagi ada promo

RameOizhi

RameOizhi

RameOizhi

RameOizhi

0 comments:

Premium Blogspot Templates
Copyright © 2012 Waralaba|Franchise|Peluang Usaha|Peluang Bisnis|Usaha|Bisnis|Pancake|Waffle